Rabu, 10 November 2010

YOK QURBAN BERSAMA SEURAMOE !!!

“Dan bagi tiap−tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadaNya. Dan berilah kabar gembira kepada orang−orang yang tunduk patuh (kepada Allah)”. (QS Al Hajj [22]: 34)

Allah s.w.t. juga berfirman, “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah". (QS Al Kautsar [108]: 2). Bulan Dzulhijjah menghampiri kita, ummat Islam di seluruh dunia menyambutnya dengan penuh kegembiraan, dengan mengumandangkan takbir dan tahmid. Sementara itu kaum muslimin dari segala pelosok dunia berkumpul di tanah suci untuk menunaikan panggilan agama, berhaji mengunjungi rumah Allah.

Sehari sebelumnya, tanggal 9 Dzul Hijjah, di padang Arafah mereka berkumpul, meninggalkan baju kebesarannya, melepaskan segala pangkat dan derajat yang dipunyainya. Ini menjadi lambang dari jiwa kesederhanaan, persamaan dan ketulusan.

Pada bulan ini, Allah SWT juga mensyariatkan untuk menyembelih hewan kurban pada hari−hari tasyriq, yakni tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Itulah sebabnya, maka bagi siapa yang mampu dianjurkan dengan sangat supaya berkurban, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang memiliki kemampuan tetapi dia tidak mau berkurban, maka jangan sekali−kali dia mendekat ke tempat shalat kami" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Penyembelihan hewan kurban merupakan lambang ketaatan seorang muttaqiin mengikuti sejarah Nabiullah Ibrahim AS. yang diperintahkan menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Selain itu dengan berkurban, kita berharap dapat bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, serta bersyukur atas kelapangan rezki yang telah Allah berikan, dengan membagikan daging kurban kepada fakir dan miskin.

“Maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta−minta) dan orang yang meminta. Demikianlah kami telah tundukkan unta−unta itu kepada kalian, mudah−mudahan kalian bersyukur. Daging−daging unta dan darahnya itu sekali−kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kalian yang dapat mencapainya”. (QS Al Hajj (22): 36−37)

Pada Idul Adha 1431 H  ini, Seuramoe Aceh Barat Jakarta menerima serta menyalurkan hewan kurban untuk masyarakat Aceh yang ada di JABODETABEK khususnya Aceh Barat dan penyembelihannya akan dilakukan pada hari Kamis 18 November 2010 di  Jalan Musyawarah 3 No. 35 Kebun Jeruk Jakarta Barat pukul 09.00 WIB. ketua Panita Qurban Seuramo, Tgk. Nasir mengajak masyarakat yang notabennya Aceh Barat untuk hadir bersilaturrahmi di hari qurban tersebut. 

Sementara ini jumlah hewan qurban yg rencana disembelih pada tersebut adalah 2 (dua) hewan sapi dan  (11) sebelas hewan kambing. kira-kira siapa yang mau menjadi shahibul qurban berikunya....?


0 komentar:

Posting Komentar