Senin, 09 April 2012

TNI bantu pengamanan pilkada di Aceh Barat

Banda Aceh (ANTARA News) - Komandan Distrik Militer 0105/Aceh Barat menerjunkan 500 anggota TNI untuk membantu Polri mengamankan pelaksanaan pilkada setempat agar berjalan aman dan damai.

Komandan Kodim 0105/Aceh Barat, Letkol Inf Andi Sirajuddin, di Meulaboh, Kamis, menyatakan, 500 prajurit TNI itu terdiri dari 200 anggota batalion setempat dan 300 anggota Kodim.

"Meskipun tidak ada kejelasan dana untuk prajurit TNI-AD yang membantu tugas polisi mengawal pilkada, namun sudah dua bulan lalu saya terjunkan mereka, tujuannya agar pilkada berjalan aman dan damai," tegasnya.

Selain itu, prajurit TNI-AD yang dilibatkan tersebut dipastikan pula tidak ada yang terlibat narkoba, sama halnya seperti aparat kepolisian yang komit menempatkan personel di daerah pedalaman orang-orang yang tidak terlibat barang haram tersebut, katanya.

Pada bagian lain, Sirajuddin menyatakan, seluruh personel TNI-AD di bawah pimpinannya akan netral dalam pilkada.

"Kalau ada aparat TNI-AD di wilayah ini yang terlibat politik, maka kami tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas, karena hal itu sebuah pelanggaran bagi prajurit TNI-AD," katanya.

Sirajuddin meminta masyarakat melapor apabila menemukan prajurit TNI-AD yang terlibat polilik praktis, karena tujuan diterjunkannya TNI-AD untuk melindungi masyarakat dan menjaga keutuhan NKRI dalam pilkada.

Ia mengatakan, sembilan anak buahnya yang diduga terlibat narkoba sudah dihukum kurungan penjara selama tiga bulan dan dua lainnya langsung dilimpahkan ke Mahkamah Militer Kodam Iskandar Muda (IM).

Selain itu, dia juga berpesan kepada masyarakat dari 13 pasangan calon bupati/wakil bupati Aceh Barat yang sudah ditetapkan dapat memilih mereka sesuai hati nurani, tanpa paksaan ataupun intimidasi.

"Kalau ada masyarakat yang merasa diintimidasi, silakan mengadu ke Panwaslu, tapi kalau diancam senjata lapor polisi," katanya.

Pilkada di Kabupaten Aceh Barat akan dilakukan secara serentak dengan 17 kabupaten/kota dan provinsi pada 9 April 2012.


Sumber : http://www.antaranews.com

0 komentar:

Posting Komentar